Anak Jangan Nonton TV Sampai Umur 2 Tahun

Standard

Nurfajri Budi Nugroho – Okezone

(Foto: ABC)

SYDNEY – Anak-anak semestinya tidak menonton televisi hingga mereka berusia dua tahun. Sebab hal itu dapat merusak perkembangan bahasa dan kemampuan mereka berkonsentrasi.

Hal tersebut merupakan rekomendasi Pemerintah Australia dan akan dirilis pekan depan. Rekomendasi juga menyebutkan bahwa anak berusia antara dua dan lima tahun tidak boleh menonton televisi lebih dari satu jam setiap hari.

Rekomendasi itu ditujukan bagi pusat perawatan anak-anak dan juga nasihat bagi orangtua. Rancangan rekomendasi yang diperoleh The Australian itu dimaksudkan untuk mengekang penyebaran epidemi obesitas yang semakin banyak terjadi di kalangan anak-anak Australia.

“Berdasarkan penelitian terbaru, direkomendasikan anak-anak di bawah dua tahun untuk tidak menghabiskan waktu menonton televisi atau menggunakan media elektronik (DVD, komputer, dan permainan elektronik),” tulis salinan rancangan rekomendasi itu, yang dikutip dari The Australian, Senin (12/10/2009).

“Menghabiskan waktu di depan layar akan mengurangi jumlah waktu mereka untuk bermain aktif, berkontak sosial dengan yang lain, dan kesempatan untuk pengembangan bahasa.”

“Itu akan mempengaruhi perkembangan pergerakan mata secara penuh dan mengurangi panjang waktu mereka untuk tetap fokus.” (jri)

www.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s